SEPAK TERJANG SANDIAGA UNO SEBAGAI AKTOR KOMUNIKASI POLITIK

201810415158_Monica Karmila Syifa_Komunikasi Politik

Sebagai politisi muda, karier Sandiaga Salahudin Uno cukup gemilang. Baru kali pertama bertarung di Pilkada DKI Jakarta, langsung menang mendampingi Anies Baswedan. Belum genap dua tahun setelah Pilkada, ia pun digandeng Prabowo Subianto menjadi Cawapres, sebuah kejutan pada saat itu. Mengingat dikabarkan Prabowo akan bersanding dengan ulama. Keputusan berani diambil Sandi, yakni mengundurkan diri sebagai Wakil Gubenur DKI Jakarta, padahal bisa memilih untuk cuti saja. Kini Sandiaga belum tahu apa yang akan dilakukannya setelah dirinya gagal dalam pemilihan wakil presiden RI periode 2019-2014. Sebelum terjun ke ranah politik, Sandiaga adalah pebisnis.

1. Maju menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Pada penghujung 2016, Sandiaga maju sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan sebagai calon gubernurnya. Selama masa kampanye, Sandiaga selalu mendengungkan program andalannya yang bernama OK OCE dan berhasil membawanya menduduki kursi DKI 2.

Namun, kursi itu tak didudukinya terlalu lama. Setelah beberapa bulan menjabat, Sandiaga memutuskan maju meneruskan keberhasilan politiknya sebagai calon wakil presiden RI.

2. Mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden RI

Belum kelar jabatannya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga memutuskan mengundurkan diri dan maju menemani Prabowo Subianto untuk memperebutkan kursi RI 1 dan RI 2. Penunjukkan Sandiaga sebagai calon wakil presiden, diakui Prabowo telah disetujui oleh partai koalisi yang mendukungnya.

Untuk maju memimpin Indonesia, kabarnya Sandiaga sampai menjual sahamnya yang bernilai triliunan untuk modal kampanye. Namun nasib baik tak berpihak lagi kepadanya. Sandiaga gagal memenangkan kursi wakil presiden RI periode 2019-2024.

3. Sempat menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra

Sebelum memutuskan mundur dari Partai Gerindra, Sandiaga sempat menduduki kursi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sejak bergabung pada 2015. Namun, ketika maju sebagai wakil presiden bersama Prabowo Subianto, Sandiaga menyatakan mundur dari Gerindra pada Agustus 2018.

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan Sandiaga pasti akan kembali lagi bergabung dengan Partai Gerindra.

4. Sandiaga memutuskan vakum dari ranah politik

Setelah gagal maju menjadi wakil presiden 2019-2024, Sandiaga memutuskan rehat dari dunia perpolitikan. Hal ini diamini oleh politisi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, yang menghormati pilihan Sandiaga untuk istirahat di dalam politik. Namun, selaras dengan pernyataan Andre, Ace menilai jika ada tawaran atau jabatan menarik, tidak dipungkiri Sandiaga akan tertarik dan mempertahankan eksistensinya di dunia politik.

Author: paul

68 thoughts on “SEPAK TERJANG SANDIAGA UNO SEBAGAI AKTOR KOMUNIKASI POLITIK

  1. Aw, this was an extremely good post. Spending some time and actual effort to produce a very good article… but what can I say… I procrastinate a lot and never manage to get anything done.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.