SEPAK TERJANG PRABOWO SEBAGAI AKTOR KOMUNIKASI POLITIK

201810415155_Siti Masrofah_Komunikasi Politik – Letnan Jenderal TNI (Purn) H.Prabowo Subianto Djojohadikusumo yang biasa disapa Prabowo adalah seorang pengusaha, perwira tinggi di indonesia dan juga seorang politikus. Sebelum menjadi seorang pengusaha dan politik, ia pernah menempuh pendindikan militer selama 28 tahun. Prabowo mengawali karier militer di TNI Angkatan Darat pada tahun 1974 sebagai Letnan Dua setelah lulus dari Akademi militer di Magelang. Pada tahun 1985 Prabowo menjadi wakil komandon Batalyon Infanteri Udara 328 dan pada tahun 1995 Prabowo menjadi Komandan Jendral Kopassus dengan pangkatnya sebagai Mayor Jenderal. Pada 20 maret 1998, Prabowo diangkat menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Udara. Berikut karier politik yang diawali oleh Prabowo Subianto :

  • Pendiri Partai Gerindra

Pada tanggal 6 febuari 2008 , Prabowo bersama adiknya Hashim Djojohadikusumo mendirikan Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) . Ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Partai Gerakan Indonesia Raya atau disebut Partai Gerindra ini meraih suara 4,46% sehingga dapat menempatkan 26 orang wakil di kursi DPR RI pada pemilu legislatif Indonesia tahun 2009.

  • Pemilihan Calon Presiden Pada Tahun 2004

Tahun 2004 Prabowo menyalonkan diri menjadi seorang Presiden dari Partai Golkar pada Konvensi Calpres Golkar, namun ia kandas ditengah jalan karena kalah suara dengan Wiranto.

  • Pemilihan Calon Presiden Pada Tahun 2009

Prabowo kembali menyalonkan diri menjadi calon wakil presiden bersama Megawati Soekarno Putri dari PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) namun Prabowo dan Megawati kalah suara dengan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono.

  • Pemilihan Calon Presiden Tahun 2014

Pada tahun 2014 Prabowo Subianto bersama Hatta Rajasa menyalonkan diri menjadi calon presiden dengan lawannya Jokowi Dodo dan Jusuf Kalla, namun Prabowo kalah suara dengan pasangan Jokowi.

  • Pemilihan Calon Presiden Tahun 2019

Pada pemilihan presiden pada tahun 2019 Prabowo menyalonkan diri lagi namun berbeda pasangan bersama Sandiaga Uno yang menjadi wakilnya namun mereka kalah suara dengan pasangan Jokowi Dodo , meskipun kalah dalam pemilu Calpres pada tanggal 23 oktober 2019 Prabowo dipilih oleh Presiden Indonesia Jokowi Dodo sebagai Menteri Pertahanan Indonesia.

    Gaya kepemimpinan Populis yang dimainkan oleh Prabowo Subianto karena penentangan total terhadap sistem yang berkuasa. Ia memainkan isu-isu populis yang menjadikan gaya diskursif disetiap pidato untuk memikat hati para rakyat. Meskipun banyak kontraversi terkait dirinya salah satunya pada kerusuhan tahun 1998. Selain, di dunia bisnis dan politik Prabowo pun seorang Aktivis pada tanggal 05 Desember 2005 Prabowo dipilih menjadi Ketua Himpunan Tani Indonesia, Pada tanggal 6 Agustus 2008 Prabowo juga dipilih menjadi Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), dan Prabowo juga menjadi ketua di Ikatan Pancak Silat Indonesia.

Author: paul

2.348 thoughts on “SEPAK TERJANG PRABOWO SEBAGAI AKTOR KOMUNIKASI POLITIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.