Sepak Terjang Jokowi Dalam Politik Indonesia

201910415308_Nanda Ayu Ningsih_Komunikasi Politik

Awal perjalanan Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi sebagai pemimpin Indonesia saat ini, diawali sebagai pengusaha mebel di Solo. Ia juga sukses dalam berorganisasi, buktinya ia menduduki jabatan sebagai Ketua Komda Asosiasi Industri Pembelaan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Komda Solo Raya pada tahun 2002. Tak disangka keberhasilannya dalam mengurusi organisasi asosiasi yang bergerak di industri perkayuan dan kerajinan yang mengantarkannya pada dunia politik.

Kesuksesan Jokowi dalam mengurus organisasi terbukti seperti menciptakan kawasan terpadu untuk industri permabelan di Kali Jambe, Sragen. Di kawasan itu antara eksportir mebel, perajin mebel, dan lainnya menjadi satu, sehingga saling menguntungkan satu sama lainnya. keberhasilan itu lah yang membuat Jokowi semakin dikenal dan kerja kerasnya yang optimis itu semakin diperhitungkan di kancah nasional pada waktu itu. Terlebih, pada usahanya memberdayakan potensi permebelan di kawasan Solo Raya.

Jokowi, Capres yang Hanya Ingin Gelar Insinyur... Halaman all - Kompas.com

Dorongan untuk ikut maju pada Pilkada banyak ditujukan untuk Jokowi. banyak tokoh masyarakat yang tertarik dengan sosok Jokowi untuk menjadi calon wali kota. tetapi, awal ia ingin mencalonkan sebagai wali kota ia memiliki struggle yaitu belum adanya dukungan partai politik yang akan dipakai Jokowi untuk maju sebagai calon wali kota. karena, selama menjadi pengusaha tidak terlibat dalam kegiatan partai politik manapun. akhirnya Jokowi dan tim mulai melobi partai politik seperti PAN dan PKS. kedua partai politik itu setuju untuk mengusung Jokowi sebagai calon wali kota. tetapi, di tengah perjalanan terdapat hambatan yaitu kedua partai tersebut saling merebutkan Jokowi untuk mendudukkan kadernya sebagai pasangan Jokowi.

Dengan kondisi yang tidak menentu tersebut, munculah tawaran dari partai PDIP yang merupakan partai yang paling berkuasa di Solo. partai pimpinan Megawati Soekarnoputri, menginginkan Jokowi untuk maju menjadi calon wali kota. Jokowi pada saat itu dipasangkan dengan FX Hadi Rudyatmo. dan hasil dari pertarungan Pilkada Solo 2005, pasangan Jokowi-FX Hadi Rudyatmo unggul dalam perolehan suara.

Bawaslu Akan Awasi Pidato Kebangsaan Jokowi di Sentul

Pada saat itu Jokowi – FX Hadi Rudyatmo dalam mengambil simpati dan hati masyarakat Solo, dalam kampanyenya ia tidak menggunakan cara lama seperti teralu sering mengumpulkan banyak orang di lapangan, tetapi ia melakukan dengan cara door to door atau yg lebih kita kenal dengan “blusukan” karena hal tersbut sangat efektif dalam mendengar keluh kesah masyarakat dan tak disangka cara itu berhasil dalam mengmabil simpati masyarakat Solo.

Kota Solo dibawah pimpinan Jokowi pada saat itu menjadi kota yang nyaman, penataan kota, relokasi pedangang tanpa menimbulkan kericuhan, sehingga menjadi Solo sebagai kota tuan rumah diacara Internasional merupakan sebagian kecil dari perubahan baik yang dilakukan Jokowi. warga Solo sangat merasa bersyukur dan senang atas hasil kerja Jokowi, terbukti ia terpilih lagi dalam Pilkada Solo 2010.

Jokowi Resmi Jadi Gubernur Jakarta Periode 2012- 2017 - Kabari News

Setelah berhasil memimpin kota Solo, ia diminta untuk maju menjadi Gubernur DKI Jakarta. PDIP dan Partai Gerindra resmi mengusungnya pada tahun 2012 sebagai calon gubernur DKI Jakarta yang dipasangkan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau yag dikenal Ahok. awalnya banyak masyarakat Jakarta yang kurang yakin, dengan pasangan Jokowi-Ahok ini karena mereka akan disandingkan dengan pasanagan calon gubernur dan wakil gubernur yang incumbent di Jakarta (Fauzi Bowo). namun yang terjadi pasangan Jokowi-Ahok unggul dalam perolehan suara Pilkada DKI Jakarta.

Lagi-lagi Jokowi menggunakan ciri khasnya dalam berkampanye seperti saat ia mencalonkan diri pada Pilkada Solo dengan cara (Blusukan) dengan langsung turun kelapangan melihat keadaan kota dan mendengarkan keluh kesah warga DKI Jakarta. banyak pihak yang menganggap bahwa strategi yang dilakukan Jokowi-Ahok tersebut dalam menduduki kursi gurbenur dan wakil gubernur sangat cerdas.

Setelah dilantik, ia langsung melakukan gebrakan bekerja sesuai dengan janji yang ia sampaikan saat kampanye. perbaikan irigasi, penataan pedagang kaki lima, perbaikan transportasi di Jakarta, pengurangan nepotisme di birokrasi DKI Jakarta dengan sistem lelang jabatan, dan munculnya kebijakan baru yaitu adanya kartu Jakarta sehat (KJS), dan karu Jakarta pintar (KJP).

Program KJP dan KJS Jokowi raih penghargaan internasional | merdeka.com

meskipun ada beberapa kalangan yang menganggap usaha yang dilakukan belum berhasil dengan maksimal mengatasi permasalahan DKI Jakarta, namun banyak warga DKI Jakarta merasa cukup puas dengan kebijakan yang dibuat Jokowi.

Belum lama menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, Jokowi diberi mandat oleh pimpinan PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam pemilihan presiden 2014 bersama Jusuf Kalla sebagai pasangannya. kemudian deklarasinya maju sebagai calon presiden dilakukan di Gedung Juang 45, majunya ia sebagai calon presiden didukung oleh empat partai pengusungnya yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuanga, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura.

Puaskah publik dengan kinerja Jokowi-JK?

Sampailah pada hasil pengumuman Pilpres 2014 pada bulan juli tahun2014. hasilnya pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla unggul dalam peroelhan suara sebesar 53,15% atau 70.997.833. Mengalahkan pasangannya Prabowo – Hatta Rajasa dengan perolehan suara 46,85% atau 62.576.444.

Meskipun kemenangan tersebut sempat tidak diterima oleh kubu Prabowo – Hatta Rajasa tetapi pada akhirnya Jokowi tetap menduduki kursi Presiden Indonesia dan menjadi orang no. 1 di Indonesia sebagi presiden ke-7 Republik Indonesia.

Jokowi memulai sepak terjangnya sebagai presiden Indonesia dengan mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dalam bidang pertanian ia juga meberikan 1000 lebih traktor guna meningkatkan produksi pertanian. selain itu ada juga kebijakannya yang diprotes oleh banyak kalangan misalnya kenaikan BBM (bahan bakar minyak), penunjukan Budi Gunawan sebagai Kapolri yang kemudia batal karena berseteru dengan KPK. tetapi, pada tahun 2018 Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games Jakarta – Palembang, Jokowi kembali memikat hati masyarakat Indonesia.

Jokowi-Ma'ruf Amin Tak di Jakarta saat Sidang Putusan MK

Agustus 2019 Jokowi kembali mendeklarasikan dirinya maju dalam Pilpres 2019 dengan menggandeng KH Ma’ruf Amin sebagi pasanganya. pada Pilpres 2019, Jokowi masih tetap bertemu dengan lawan politik yang sama yaitu Prabowo dengan menggandeng Sandiaga Uno. pada bulan mei 2019,hasil perhitungan suara KPU menetapkan Jokowi kembali menjadi presiden Indonesia bersama dengan wakilnya KH Ma’ruf Amin. Jokowi dan KH Ma’ruf Amin dilantik pada 20 oktober 2019 dengan masa jabatan 2019-2024

Dapat kita tarik kesimpulan, faktanya Jokowi merupakan politikus yang selalu menang dalam kontestan Pilkada maupun Pilpres. meskipun berlatar belakang pengusaha kayu mebel. dan Jokowi merupakan salah satu presiden yang dimana pelantikannya dirayakan langsung oleh rakyat di Monas. bahkan perayaan tersebut juga dimeriahkan dengan band luar negeri.

Terlepas dari segala kontroversi mengenai kebijak Presiden Joko Widodo, namun Jokowi merupakan sosok yang patut menjadi panutan. bagaimana tidak, dengan waktu kurang dari 10 tahun saja ia sudah berhasil mencapai puncak menjadi sosok no.1 di Indonesia. tak heran jika majalah “TIME” menjadikan wajah Jokowi sebagai cover majalah tersebut dan menyebutnya sebagai “person of the year” dan juga memasukkan dirinya sebagai salah satu pemimpin terbaik di dunia.

Author: paul

1.042 thoughts on “Sepak Terjang Jokowi Dalam Politik Indonesia

  1. I leave a response whenever I especially enjoy a post on a website
    or I have something to valuable to contribute
    to the conversation. Usually it is triggered by the sincerness
    displayed in the article I looked at. And on this article Sepak Terjang Jokowi
    Dalam Politik Indonesia – MISTER HUSNI. I was moved enough to drop a thought :
    ) I actually do have 2 questions for you if it’s okay. Could it be
    only me or does it look as if like a few of the responses look like coming from brain dead folks?
    😛 And, if you are posting at other social sites, I would
    like to keep up with anything fresh you have to post.
    Would you make a list every one of all your public pages like your twitter feed,
    Facebook page or linkedin profile?

    Look into my web site :: hemp for hippies; healingxchange.ning.com,

  2. Please let me know if you’re looking for a author for your blog.
    You have some really good posts and I think I would be a good asset.
    If you ever want to take some of the load off, I’d
    love to write some articles for your blog in exchange for a link back to mine.
    Please shoot me an email if interested. Thank you!

    My blog post … laser hair removal

  3. I definitely wanted to post a brief remark to say thanks to you for some of the splendid tips you are giving out here. My incredibly long internet investigation has finally been compensated with useful knowledge to exchange with my co-workers. I would believe that we visitors actually are unequivocally blessed to dwell in a great network with so many outstanding individuals with helpful hints. I feel somewhat lucky to have seen your website page and look forward to really more thrilling times reading here. Thanks once more for a lot of things.

  4. Thank you a lot for giving everyone an extremely breathtaking possiblity to check tips from this blog. It is often very enjoyable and as well , stuffed with a great time for me personally and my office acquaintances to search your web site the equivalent of thrice a week to study the fresh issues you have got. Not to mention, we’re always contented with your very good solutions you give. Certain two ideas in this posting are unequivocally the most effective we’ve had.

  5. I’m also writing to make you be aware of of the extraordinary discovery my girl gained reading through the blog. She mastered lots of things, most notably how it is like to have a very effective teaching character to make a number of people with ease master specified extremely tough issues. You undoubtedly exceeded my desires. Thanks for rendering the insightful, trusted, informative and in addition easy thoughts on your topic to Mary.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.