Kepemimpinan Seorang Ayah

20190500056_Joies Handri Putri_Leadhership

AYAH pemimpin keluarga yang memiliki tanggung jawab penuh dengan keluarga yang telah dibuatnya, tanggung jawab atas setiap yang menjadi keharusnnya dalam menafkahi keluarga mengayomi serta menjadi tempat berlidung bagi keluarganya.
pemimpin memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Ibarat tubuh, ayah dalam keluarga seperti kepala yang mampu mengendalikan setiap organ tumbuh lainnya. Ayah jugalah yang mengatur dan memberi arahan untuk orang yg dibawah pimpinannya (istri/anak). Jika ditinjau dari keluarga peran AYAH adalah seorang pemimpin dari keluarga itu sendiri.
Tugas-tugas Utama Ayah

Untuk sekedar memberikan kerangka diskusi kita malam ini, di sini saya mencoba merangkum apa saja peran seorang pemimpin keluarga.

A. Memimpin Keluarga Menuju Akhirat
Membawa keluarga ke dalam kebenaran. Membawa ilmu yang benar ke dalam keluarga, dan mencontohkan amal yang benar dan konsisten dalam keluarga. Mampu memilah dan memilih antara yang haq dan bathil. Menjaga keluarga dari segala keburukan. Mampu menjadi hakim yang adil di dalam keluarga, dan mampu memelihara jamaah keluarga.

B. Menaungi/Memelihara Keluarga dalam Kehidupan Dunia
Tugas ayah adalah mencari nafkah. Kemudian ia pun harus menyediakan tempat tinggal dan lingkungan yang baik untuk kehidupan keluarganya.

C. Mengenal Diri dan Mampu Mewujudkan Misi Hidupnya
Menjadi ayah adalah salah satu amanah hidupnya. Di samping itu, ia adalah seorang manusia, seorang muslim, seorang anak, seorang anggota masyarakat. Sebelum mampu menjadi seorang ayah yang paripurna maka ia pun harus mampu memimpin dirinya sendiri.

D. Memimbing Istri dalam Menyempurnakan Misi Hidupnya
Seorang suami harus mengenal sifat dan potensi istrinya dan memahami apa sebenarnya peran dan misi hidup istrinya baik sebagai istri/ibu/wanita/manusia. Setelah itu, lakukanlah apapun yang bisa dilakukan untuk mendukung istri menyempurnakan peran dan misi hidupnya.

E. Memandu Anak menuju Masa Depannya
Seorang ayah juga adalah pendidik dan pelatih bagi anak-anaknya. Ia harus mengenali anak-anaknya dan mampu membantu anaknya tumbuh berkembang menjadi manusia dewasa yang siap menjalani hidupnya di masa depan sesuai jalan hidup yang Allah berikan bagi masing-masing anaknya.

Meski mempunyai tanggung jawab yang besar, baik di dunia maupun di akhirat. Seorang ayah tak pernah mengeluh dan selalu menjadi salah satu pondasi terkuat dalam keluarga. Senyumnya bukti semangatnya. Keringatnya merupakan bukti perjuangan dan kerja kerasnya. 

Caranya mencairkan suasana, selalu berhasil mengundang tawa. Karena bukan hanya ibu, ayah juga berperan penting dalam perkembangan anak. Keduanya memiliki kasih sayang yang sama. Meski ditunjukkan oleh cara yang berbeda.

Author: paul