Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

201810415004_TriApriliyaKinanti_KomunikasiPolitik

Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa disapa Bapak SBY memulai karirnya di dunia politik pada tahun 1999 menjabat sebagai menteri pertambangan dan energi di pemerintahan pimpinan presiden abdurrahman wahid. Pada tanggal 26 oktober 1999 pak SBY dilantik menjadi menteri koordinator politik, sosial, dan keamanan ( Menko Polsoskam).  Belum genap satu tahun jabatannya sebagai Menko Polsoskam pak SBY didesak mundur pada tanggal 1 juni 2001 oleh pemberi mandat. Jabatan pengganti sebagai Menteri Dalam Negeri atau Menteri Perhubungan yang ditawarkan presiden tidak pernah diterimanya.

Pada tahun 2001 susilo bambang yudhoyono dilantik sebagai menteri koordinator bidang politik dan keamanan (menko polkam) di masa kepemimpinan Megawati Soekarno Putri, kemudian SBY mengundurkan diri sebagai menteri koordinator bidang politik dan keamanan ( Menko Polkam ) pada 11 maret 2004.

Berdirinya partai demokrat pada 9 september 2002 sekaligus menguatkan nama SBY di dunia politik. Nama SBY dicalonkan menjadi presiden dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 2004. Keberadaannya dalam Partai Demokrat menuai sukses dalam pemilu legislatif dengan meraih 7,45 % suara. Pada 10 Mei 2004, tiga partai politik yaitu Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, dan Partai Bulan Bintang, secara resmi mencalonkannya sebagai Presiden berpasangan dengan kandidat Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pada 30 maret 2013 telah dilangsungkannya kongres luar biasa Partai Demokrat yang diadakan dibali, Susilo Bambang Yudhoyono ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat menggantikan Annas Urbaningrum.

Selanjutnya pada kongres IV Partai Demokrat yang diadakan di hotel Shangri-La, Surabaya pada tanggal 12 Mei 2015, Susilo Bambang Yudhoyono menajaid Ketua Umum untuk periode 2015-2020.

Pada masa kepresidenan, Susilo Bambang Yudhoyono, ia tercatat sebagai presiden terpilih pertama pilihan rakyat dan tampil sebagai presiden ke enam setelah dilantik pada 20 oktober 2004 bersama wakil presiden Jusuf Kalla.

Yudhoyono Kabinet Indonesia Bersatu II diumumkan pada bulan Oktober 2009 setelah SBY terpilih kembali sebagai presiden awal tahun. Wakil presiden dalam kabinet kedua Yudhoyono adalah Dr. Boediono. Boediono menggantikan Jusuf Kalla yang adalah wakil presiden Yudhoyono di kabinet pertama.

Sumber referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Susilo_Bambang_Yudhoyono#Karier_politik

Related posts

Leave a Comment