Sosok Seorang Pemimpin

20190500011_Ferlingga Sanjaya_Leadership

Sesosok pemimpin yang berada dekat dengan saya adalah ibu,tidak ada yang meragukan pentingnya peran seorang ibu,terutama dalam pendidikan anak-anaknya,kasih sayang dan perhatian seorang ibu mempunyai pengaruh yang besar pada keprribadian anak.Perhatian dan kasih sayang akan menimbulkan perasaan diterima dalam diri anak-anaknya dan membangkitkan rasa percaya diri dimasa-masa pertumbuhan.Ada istilah,ibu adalah sekolah yang pertama.

Proses pendidikan yang diberikan oleh seorang ibu sudah dilakukan sejak sang bayi masih salam kandungan.Emosional dan watak seorang ibu pun dapat ditularkan melalui perilaku seorang ibu selama mengandung dan mengasuh.Apa hubungan pemimpin dengan seorang ibu? Seorang ibu dalam lakonnya memiliki Loyantily yang diikuti oleh anak-anaknya,mengeducate,mengadvice,hingga memberikan keteladanan dalam bersiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.Seorang ibu dapat memahami dan melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya dalam mendidik dan mengarahkan anak dengan baik,dengan segala tuntunan dan teladan pada anak.Maka terlahirlah generasi yang unggul dan mampu bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan kehidupannya.

Jika ada prilaku anak menjadi buruk dikeluarga maupun masyarakat ,belum tentu sepenuhnya salah anak.Banyaknya kasus-kasus kekerasan orang tua pada anak,menandakan bahwa anak merasa tidak aman dan nyaman dilingkungan keluarga,kondisi seperti ini tentu saja bukan situasi yang kondusif untuk memberikan pendidikan yang baik untuk anak karena orang tua malah tidak bisa mejadi teladan.Jadi hal ini pertama yang harus diciptakan seorang pemimpin adalah menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif sehingga kendala dalam mendidik/mengarahkan terhadap ajaran agama,menciptakan kepribadian yang benar akan lebih mudah,karena adanya kepercyaan dan ikatan kasih sayang yang kuat antara pemimpin dan bawahanya,seperti ibu dan anak.

Karena pemimpin adalah seorang yang menggunakan kemampuannya,sikapnya,nalurinya,dan ciri-ciri kerpibadiannya yang mampu meciptakan suatu keadaan sehingga orang lain yang dipimpin dapat saling bekerja sama untuk menciptakan tujuan.Seorang pemimpin harus mampu melaksanakan tugas berdasarkan prinsip dasar manajemen,yaitu perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan dan pengendalian sehingga mampu menciptkan keadaan orang lain yang dipimpinnya saling bekerja sama untuk mencapai tujuan. Seorang pemimpin harus mempunyai kreativitas yang tinggi, untuk memimpin bawahannya.

Perilaku pemimpin yang efektif adalah memelihara sikap baik, menciptakan disiplin kerja, memberikan perintah yang jelas, tegas, lengkap dan pantas. Memberikan teguran untuk perbaikan tugas. Menerima saran dari bawahan, dan memberikan pujian dan penghargaan pada bawahan, termasuk memperkuat rasa persatuan.Jadi ibulah seorang pemimpin yang paling utama dihidup kita dan bukan cuma ibu ,bahkan seorang ayah sangat berperan penting untuk anak-anaknya juga.

Related posts

Leave a Comment