SOSOK PEMIMPIN SEORANG “AYAH”

Ayah, ialah sosok hebat yang tak kenal lelah. Bekerja banting tulang demi keluarganya. Seorang ayah yang menjadi sosok penyayang bagi anak-anaknya, yang mampu mengerti perasaan kami tanpa harus dijelaskan. 

Ayah, terkadang ia bersikap keras lagi tegas. Tapi itulah caranya dalam mendidik dan mendisiplinkan anaknya. Dalam hidup, ayah mengajarkanku untuk menjadi seorang yang kuat dan membuatku mengerti akan kerasnya kehidupan yang sebenarnya.

Ia tak memanjakanku, tetapi juga tak mengacuhkanku. Perkataan demi perkataannya menjadi dorongan tersendiri bagiku. Keberadaannya menciptakan rasa aman, yang selalu mejadi pendengar dan pemberi solusi dalam setiap kegundahan. 

Tidak hanya itu, seorang ayah juga mempunyai tanggung jawab yang besar di dalam keluarga. Seperti yang dinyatakan dalam sebuah hadist, yang artinya: ” Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. Imam adalah pemimpin yang akan diminta pertanggungjawaban atas rakyatnya. 

Meski mempunyai tanggung jawab yang besar, baik di dunia maupun di akhirat. Seorang ayah tak pernah mengeluh dan selalu menjadi salah satu pondasi terkuat dalam keluarga. Senyumnya bukti semangatnya. Keringatnya merupakan bukti perjuangan dan kerja kerasnya. 

Caranya mencairkan suasana, selalu berhasil mengundang tawa. Karena bukan hanya ibu, ayah juga berperan penting dalam perkembangan anak. Keduanya memiliki kasih sayang yang sama. Meski ditunjukkan oleh cara yang berbeda. 

Penulis : Reynaldi Latif

Related posts

Leave a Comment