Solusi Menghadapi Robot Di Masa Yang Akan Datang

Pada saat ini kemiskinan dan pengangguran semakin merajalela di berbagai Negara. Peristiwa ini dikarenakan pekerjaan manusia yang mulai diambil alih oleh robot atau kecerdasan teknologi. Sehingga akan ada banyak manusia yang menjadi pengangguran, semakin banyak pengangguran maka kemiskinan akan bertambah drastis. Manusia akan sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bayangkan di masa depan, teknologi semakin cerdas melampaui manusia. Di masa yang akan datang bakal terjadi banyak ketimpangan kekayaan karena pekerjaan manusia yang digusur oleh teknologi. Rencana ini bisa terjadi karena tingkat kecerdasan buatan pada robot yang semakin meningkat.

Kalau hal ini benar-benar terjadi, maka para pengusaha tidak lagi membutuhkan tenaga manusia karena semua pekerjaan bisa dilakukan oleh robot. Hal ini memberikan dampak negatif kepada manusia karena tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat tidak bekerja. Saat ini saja mulai banyak perusahaan yang tidak memakai tenaga manusia tapi bisa menghasilkan uang.

Menurut saya solusinya adalah pemerintah harus bisa mengatur kondisi ini, dalam artian membatasi pemakaian robot canggih agar manusia tetap dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila robot memang merajai dunia dijaman nanti yang membuat tenaga manusia tidak dibutuhkan oleh perusahaan maka pemerintah dan perusahaan harus bisa memanfaatkan teknologi tersebut agar banyak menghasilkan uang. Setiap bulan para masyarakat dikasih uang yang cukup oleh pemerintah untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Marcelinus Rustandy
20160400009

Leave a Reply

Your email address will not be published.