Sepak Terjang Ahok Sebagai Aktor Komunikasi Politik di Indonesia

201910415059_Sevira Zahwa_Komunikasi Politik

Sepak terjang Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) dimulai saat ia terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta 15 Oktober 2012 bersama pak Joko Widodo, untuk mulai membenahi Jakarta yang semrawut. Dalam hal ini, Ahok memegang peran eksternal, yaitu membenahi Administrasi dan Biokrasi Pemrov DKI dan dinas-dinas yang terkenal seret, mepet, dan menyulitkan warga. Program awal yang telah berjalan dari visi misi Jokowi-Ahok adalah Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Pintar, tujuannya dalam meningkatkan pelayanan Pemrov DKI di bidang kesehatan dan pendidikan. Dalam rapat dengan jajaran dinas DKI, Ahok seringkali menanggapi sesuatu yang dianggapnya tidak wajar atau tidak langsung menerima paparan didalam rapat, dan dikenal dengan gaya bicara yang tegas, lugas dan tepat sasaran.

HOAX] Prof. Taruna Ikrar : "Ahok alami masalah pada otak" - TurnBackHoax

sebagai aktor komunikasi Politik, Ahok menggunakan Youtube untuk mengunggah kegiatan rapat biokrasinya, karena Youtube merupakan media global yang tak hanya dapat ditonton oleh masyarakat Jakarta saja, tetapi Indonesia bahkan dunia. dalam Komunikator Politik sosok Ahok mulai terlihat ketika dia memimpin rapat untuk dinas-dinas terkait program pemrov DKI. Ahok melancarkan metode marah-marah untuk merevitalisasi kurang transparanya anggaran pada tubuh PNS. Aksi awal memarahi notulis tercatat pada 25 Oktober 2012, dan berlanjut dengan memarahi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan jajaranya dalam memangkas anggaran dinas PU sebesar 25 persen untuk dikembalikan pada 8 November. Tak ketinggalan aksi marah-marah Ahok dilancarkan dengan mengkritik pejabat DKI Jakarta yang mengatakan metode yang dilakukanya sebagai bentuk pencitraan saja. “Pencitraan nenek lo, kalau pencitraan ngapain saya melotitin sampai pagi” Kata Ahok.

Di Indonesia, baru Ahok yang mengunggah video rapatnya ke Media Sosil, baru Ahok pula yang mengerahkan layanan Short Message service (SMS) dan Blackberry Messenger (BBM) melalui 12 buah smartphone yang berfungsi untuk mendengarkan berbagai aduan warga. Dalam setiap komunikasi politik (termasuk dalam strategi kampanye yang dilakukan Ahok dalam setiap video rapat yang diunggahnya) ada pesan tertentu yang secara eksplisit dan implisit yang ingin ditanamkan kebenak para penonton video. Video ‘Ahok Marah-marah’ yang di unggah di youtube tersebut pada akhirnya tidak hanya sukses menganggkat image Ahok sebagai pemimpin yang sangat dirindukan warga, tetapi juga banyak yang menaruh harapan tinggi pada Jokowi-Ahok dalam membenahi Jakarta. Efek yang diingkan Pemrov DKI, khususnya Ahok adalahnya terciptanya transparansi dan suksesnya segala program Pemrov bersamaan dengan dukungan dan simpati warga yang turut berpartisipasi dengan program yang pemerintah buat. Namun disisi lain, masih terdapat beberapa pihak yang kontra dengan cara memerintah seorang Ahok. Ahok dianggap pencitraan untuk maju mejadi presiden atau pun wakil presiden padaha tahun 2014 lalu.

Author: paul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.