Sepak Terjang SBY Sebagai Aktor Komunikasi Politik di Indonesia

201910415049_Anisa Setya Andini_Komunikasi Politik

Bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau yang kerap disebut sebagai SBY, menjadi salah satu Aktor Politik terpenting dalam sejarah kepresidenan negeri ini. dalam biografi nya SBY pada awalnya merupakan seorang jenderal TNI dan ketua dari partai Demokrat. Beliau menjabat selama 2 periode secara berturut-turut –selama 10 tahun– mebuat dirinya disegani, dan dipandang secara arif karena kebijaksanaan, dan ketegasannya dalam memimpin.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono; Presiden ke-enam Indonesia

Awal mula mantan presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono terjun kedalam dunia politik. Pada tahun 2000 beliau memilih untuk terjun ke dalam dunia politik, setelah saat pensiun lebih dini dari dunia militer. Lalu dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi oleh KH Abdurrahman Wahid, namun tak lama Gus Dur memintanya untuk menjabat sebagai Menpolkososkam. Lalu masih tetap diminta sebagai menteri sebagai Menko Polhukam (Kabinet Gotong Royong) oleh Megawati.

Setelah bertahun-tahun menjabat sebagai menteri, beliau memutuskan untuk melepas jabatan tersebut dan memantapkan diri lebih dalam ke dunia politik, dengan membangun partai baru yakni Partai Demokrat yang sudah didirikannya sejak tahun 2001.

Setelah jabatan Megawati selesai, SBY yang menggandeng Jusuf Kalla mengajukan diri sebagai calon Presiden RI ke-enam Indonesia tahun 2004 dibawah naungan Partai Demokrat. Mereka terpilih dengan hasil yang cukup telak mencapai angka 60% dalam PEMILU. Hal ini menjadi periode pertamanya dalam menggaet posisi terpenting di Indonesia sebagai Presiden.

Presiden Periode 2004 – 2009; Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla

Pada PEMILU di periode selanjutnya, SBY mencalonkan diri sebagai Presiden kembali dengan menggaet Boediono sebagai Cawapres. Tak jauh berbeda dari hasil PEMILU di periode sebelumnya, pasangan SBY Boediono menang telak dengan angka 60% kembali dan menjadi Presiden dan Wakil Presiden ke-tujuh.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Wakil Presiden Boediono

Selama jabatannya sebagai Presiden, Bapak SBY melewati segala pasang surut dalam kepemimpinannya. Namun, beliau berhasil mensukseskan program kerja miliknya selama dua periode dan membuktikannya dengan segala ketekunan serta ketegasannya selama 10 tahun sebagai pemimpin di Negeri Indonesia. Salah satu program sukses miliknya, adalah dengan memberikan bantuan BOS yang meringankan para wali murid dari sekolah dasar sampai sekolah menengah dalam membayar iuran sekolah.

Perjalanan Presiden SBY sebagai Presiden yang berhasil menjabat selama 2 periode membuktikan dirinya unggul dalam dunia pendidikan, ketekunan dalam bekerja, dan juga sebagai Aktor Politik yang memiliki cukup panjang sejarah hidupnya.

Related posts

Leave a Comment