Sepak Terjang Ratu Atut Chosiyah

201810415249_Daffa Rizky R. P._Siapa yang tak kenal mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah? Ia dikenal luas setelah berhasil meraih gelar gubernur perempuan pertama di Indonesia. Awal mula kekuasaan Atut sejak Gubernur Banten periode 2001-2006, Djoko Munandar, tersandung masalah hukum.

Munandar tersandung kasus korupsi dan resmi diberhentikan per Oktober 2005. Atut pun tak lama resmi dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten.

Perjalanan Atut tak mulus, meski ia berhasil meraup suara pada Pilkada Banten 2006 dan Pilkada Banten 2011, ia dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan ditetapkan sebagai tersangka pada 2013.

Lika-liku Atut tidak membuat dinasti politik selesai di Banten. Sejak menjadi orang nomor satu di Banten, satu per satu anggota keluarga besarnya masuk ke politik praktis.

Diawali kemunculan Airin Rachmi Diany, adik ipar Atut, dalam Pilkada Kabupaten Tangerang 2008. Istri Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang tak lain adalah adik Atut, juga menjadi calon wakil bupati mendampingi Jazuli Juwaini dari PKS. Namun, pasangan ini dikalahkan pasangan petahana, Ismet Iskandar-Rano Karno.

Pada tahun yang sama, adik tiri Atut, Tubagus Haerul Jaman, maju sebagai calon wakil wali kota Serang berpasangan dengan mantan Bupati Serang Bunyamin dan menang.

Tetapi, Kurang dari tiga tahun berkuasa, 1 Maret 2011, Bunyamin meninggal dunia. Jaman lalu diangkat menjadi Wali Kota Serang. Saat Pilkada Kota Serang 2013, ia kembali mencalonkan diri dan menang.

Pada 2010, adik Atut, Ratu Tatu Chasanah, juga mengikuti Pilkada Kabupaten Serang. Ia terpilih jadi Wakil Bupati Serang 2010-2015 mendampingi Taufik Nuriman.

Airin yang gagal di Pilkada Kabupaten Tangerang mencoba peruntungan pada Pilkada Kota Tangerang Selatan 2010. Airin yang berpasangan dengan Benyamin Davnie terpilih sebagai Wali Kota Tangerang Selatan 2011-2015.

Ibu tiri Atut, Heryani, juga tak ketinggalan. Ia terpilih menjadi Wakil Bupati Pandeglang pada Pilkada 2011 mendampingi Erwan Kurtubi. Pada tahun yang sama, Atut kembali mencalonkan diri sebagai gubernur Banten didampingi Rano Karno dan menang.

Bahkan, jejak dinasti Ratu Atut juga berada di luar eksekutif. Pada 2009, suami Atut, Hikmat Tomet, terpilih sebagai anggota DPR.

Terakhir, anak Atut, Andika Hazmury juga tercatat berhasil masuk jadi anggota DPD perwakilan Banten, dan menantu Atut, Adde Rosi Khairunnisa, jadi anggota DPRD Kota Serang.

Author: paul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.