SEPAK TERJANG PUAN MAHARANI SEBAGAI AKTOR KOMUNIKASI POLITIK DI INDONESIA

201810415298_Salsa_Devia_Nabila –

Dr. (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.I.Kom. (lahir di Jakarta6 September 1973) adalah seorang politikus Indonesia yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2019–2024. Puan merupakan perempuan pertama dan orang termuda ketiga, setelah Achmad Sjaichu dan I Gusti Gde Subamia, yang pernah menjabat sebagai Ketua DPR secara tetap; ia berusia 46 tahun saat dilantik. 

            Puan Maharani tumbuh dan dibesarkan di keluarga politik. Ibunya saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri. Mengamati perjalanan politik ayah dan ibunya dari dekat sekali membuat Puan benar-benar tertarik dengan bidang itu. Ia memilih kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) dan mengambil jurusan Komunikasi Massa. Ia lulus tahun 1997, satu tahun sebelum Soeharto tumbang. Semasa mahasiswa, Puan sempat merasakan dunia jurnalistik dengan magang di Majalah Forum Keadilan

Puan akhirnya terjun ke dunia politik praktis. Bermula dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNIP), ia lantas bergabung dengan PDIP, partai yang sejak lahir sudah dipimpin ibunya sampai sekarang. Puan menempati posisi sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat sejak 2005. Sampai dengan tahun 2009, Puan terpilih menjadi Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari Dapil V Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 2012, Puan menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Pada tahun 2014, Puan memperoleh kepercayaan dari Presiden RI ke-7, Ir. Joko Widodo, menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembanguman Manusia dan Kebudayaan (Menko dan PMK). Dengan mendapatkan kepercayaan tersebut, pada tahun 2015, Puan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembanguman Manusia dan Kebudayaan termuda sepanjang sejarah Indonesia.

Pada tahun 2019, puan mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Ketua DPR RI. sehingga ia kembali mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI. Tidak hanya berhenti sampai di situ, atas prestasi kinerja yang diemban sebagai Ketua DPR RI, Mbak Puan mendapat anugerah Doktor Kehormatan bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional pada tahun 2020. saat ini ia menjabat sebagai Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan.

Related posts

Leave a Comment