“Menghadapi Robotic di Masa Depan” what will you do?

Florentina Bella Monita (20160400007)
Menggantikan tenaga manusia dengan robot dimasa depan tidaklah benar. Mesin (robot) diciptakan hanya untuk meringankan pekerjaan manusia bukan untuk menggantikannya. Manusia harus mengantisipasi dirinya untuk bisa bekerja sama dengan robot. Yang saya lakukan apabila perkembangan robotic dimasa depan maju saya akan memanfaatkan robot tersebut dengan sebaik-baiknya demi meringankan pekerjaan dan efektifitas pekerjaan manusia.

Negara Jepang contohnya yang sangat banyak membuat inovasi tentang robot. Manusia tidak seharusnya terbuai dengan robotic karena 1 robot dibuat pun tidaklah murah. Robot yang dicipatakan pada masa sekarang adalah hasil penelitian dari orang-orang yang bekerja dibidang itu. Manusia tetap harus ambil peran dalam melakukan kegiatan dan tidak boleh hanya mengandalkan robot. Karena robot diciptakanpun pasti memiliki keterbatasan yang hanya bisa dilakukan manusia. Robotic (mesin) yang diciptakan harusnya bersifat membantu, seperti : menggandakan, mengetik, merapikan (setrika), mengabadikan (kamera, tape recorder) dan lain-lain.

Jadi seharusnya manusia tidak perlu menggantungkan dirinya dengan robotic. Karena robotic pun yang menciptakan manusia. Kita hanya perlu menggunakan akal sehat kita, dimana dalam mempermudah pekerjaan manusia kita perlu bantuan robotic(mesin) tidak perlu menggantikan pekerjaan manusia seluruhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.