kepemimpinan dalam keluarga

20190500018_dhea furianto_Leadership

Pengertian Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan secara umum adalah sebuah kemampuan yang terdapat di dalam diri seseorang untuk bisa memengaruhi orang lain atau memandu pihak tertentu untuk mencapai tujuan.

Sementara itu, definisi pemimpin dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang yang memimpin. Jadi, seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan untuk memengaruhi atau memandu sekelompok orang/pihak.

sesosok pemimpin yang dekat berada dengan saya adalah ayah, selain peran ibu peran ayah juga sangat penting untuk kehidupan keluarga, terkadang sosok ayah tak terlalu terlihat bila dibandingkan dengan ibu. Hal ini dikarenakan hampir s emua urusan keluarga, menjadi tugas seorang ibu. Sehingga peran ibu terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan peran ayah sebagai kepala keluarga. Namun menurut saya peran ayah juga memiliki peran penting di dalam keluarga. Ayah merupakan sosok pria yang tentunya memiliki kedudukan khusus di dalam keluarga. Tak hanya berperan mencari nafkah untuk keluarga saya , tetapi bahkan ayah juga menjadi sosok penting lainnya dalam berbagai urusan.

Menurut saya peran ayah yang lainnya adalah

yaitu sebagai Pemimpin Keluarga

Peran penting ayah yang pertama adalah menjadi pemimpin bagi keluarga. Bahkan menurut saya ayah merupakan nahkoda bagi keluarga saya, yang berarti beliau lah yang akan menentukan arah berlayar dari keluarga. Seperti keputusan apa yang sudah dibuat dan lain- lain.

Peran ayah yang penting lainnya selain memimpin adalah sebagai pelindung dari keluarga saya. Ayah adalah seorang yang mampu melindu bagi keluarganya dari bahaya-bahaya yang ada di dunia luar, tak hanya dalam bentuk fiisk namun juga non fisik. Sesosokg ayah juga lah yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan emosional serta finansial dalam bentuk nafkah dan moral kepada saya dan ibu saya.

selain itu peran ayah dalam keluarga yang lain nya adalah Memenuhi segala kebutuhan keluarga seperti bahan makanan dan yang lain nya. Ayah tak hanya memenuhi kebutuhan spritual saja, namun juga emosional serta materi.

peran Ayah dalam keluarga selanjutnya Dalam Keluarga saya adalah sebagai motivator. Peran motivator juga diperlukan dalam sebuah tindakan, perbuatan, atau tingkah laku yang sekiranya dapat memberikan motivasi positif bagi anaknya. Seperti ayah saya yang akan memberikan pujian apabila saya telah melakukan hal yang baik apabila saya gagal memenuhi ekspektasi yang sedang saya inginkan.

Menurut saya juga ayah adalah tempat pemberi solusi terbaik untuk semua permasalahan yang saya dan ibu tengah hadapi. Begitu pula bagi seorang Ibuku. Terlebih saat ibu sedang kesulitan dalam menjalani peran seorang ibu yang tengah menghadapi anakny. Ibu akan berbagi keluh kesahnya kepada sang suami.

Kemudian, Ayah ku yang bijaksana biasanya mampu menjadi seorang pembimbing bagi keluargaku. Ayah bisa berperan sebagai sahabat yang selalu mendengarkan dan memberikan saran.

Related posts

Leave a Comment