Keluarga

201810415199_Selvi Pusparini_Penulisan Kreatif

Deskripsi

Namaku Selvi, aku anak keempat dari lima bersaudara. Aku mempunyai tiga kakak perempuan dan satu adik laki-laki. Ayahku seorang pensiunan dan ibuku seorang ibu rumah tangga. Kakak pertamaku sudah berkeluarga dan menjadi seorang ibu dengan dua anak, sehari-hari ia hanya mengurus rumah dan kedua anaknya. Kakak keduaku sudah berkeluarga juga dan menjadi seorang ibu dengan satu anak.  Sehari-hari ia bekerja sambil menjadi ibu rumah tangga. Kakakku yang ketiga ia seorang wanita karir dan berencana tahun ini akan menikah. Dan yang terakhir adikku ia masih menuntut ilmu dibangku SMP. Aku sangat bersyukur tinggal dengan keluarga ku karena keluarga ku sangat memberikan aku pelajaran hidup yang sangat berarti.

Naratif

Ayahku adalah seorang pemimpin keluarga yang sangat hebat, ia mampu menghidupi kelima anaknya dan memberikan pendidikan hingga ketingkat perguruan tinggi. Dengan tangguh ia rela menempuh bekasi-depok untuk bekerja demi menghidupi kelima anaknya. Setiap pagi ia pergi ke kantornya dengan menggunakan kereta commuter line dan rela berdesak desakan karna setiap jam berangkat kerja dan jam pulang kerja kereta commuter line ramai dipenuhi oleh pengunjung. Perjuangan ayahku akhirnya membuahkan hasil kedua kakakku menjadi sarjana dan sukses berkarir sampai bisa membantu meringankan beban ayahku untuk pendidikan adik-adiknya.

Eksposisi

Orang tua sangat berperan penting terhadap anaknya, apalagi ketika anak-anak mulai menginjak usia remaja, mereka lebih suka menghabiskan waktu tanpa ingin diawasi oleh orang tua. Diawali dengan karakter seorang remaja yang ingin tahu dan ingin mencoba banyak hal baru, tak jarang mereka tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar. peran orang tua dibutuhkan sebagai penyangga agar anak-anak tidak jatuh ke lubang yang salah dan dapat menempatkan diri dengan baik di lingkungan mereka. Komunikasi antara orang tua dan anak juga merupakan salah satu peranan penting dalam mendidik dan membimbing anak remajanya, misalnya dengan membantu mengarahkan, menyayangi, menasehati, dan lain sebagainya. Maka dari itu peran orang tua sangatlah penting bagi anak.

Argumentasi

Berkeluarga bukanlah hal yang mudah. Saat ini marak sekali terjadi pernikahan dini dalam lingkungan, baik dalam masyrakat kota maupun masyarakat perkotaan. Pernikahan dini sangat mengancam masa depan anak, padahal masih banyak tugas yang tugas yang harus diselesaikan oleh setiap anak remaja baik dalam proses kedewasaan maupun dalam hal pendidikan. Berkeluarga bukan hanya tentang kebersamaan tetapi harus siap fisik dan mental. Maka dari itu harus berpikir dengan matang dalam melakukan pernikahan.

Related posts

Leave a Comment