0 thoughts on “Kelompok 4

  1. Yunik Findriatin
    201910415180
    Saya mau tanya, kan di ppt dijelaskan bahwa perbedaan bahasa menyebabkan perbedaan pikiran orang yang menggunakan bahasa tersebut, nah maksudnya itu gimana?

  2. Fadhil Surya Permana/201920415209

    coba dong sebut-sebutkan negara-negara di jaman ini yg menganut hepotesis sapir?, terima kasih

    1. Ini kan teori yang ngebahas tentang hubungan antara bahasa, budaya dan pemikiran seseorang. Jadi semua negara menerapkan, hanya saja memiliki struktur yang berbeda. Misalnya hidup dan pandangan hidup bangsa di Asia Tenggara adalah sama karna bahasa bahasa mereka mempunyai struktur yang sama, berbeda dengan hidup dan pandangan hidup bangsa lain karena struktur bahasa mereka berlainan

  3. Anisha fitriayuni
    201910415289

    Saya ingin bertanya. Apa yang dimaksud adanya hubungan kuat antara bahasa, budaya, dan pikiran seorang penutur?
    Terimakasih

    1. Bahasa, budaya dan pikiran tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena yang menentukan jalan pikiran seseorang adalah tata bahasa bukan kata kata. Kenyataannya, seseorang berbicara atau mengungkapkan pendapatnya dengan cara/tata bahasa yang berbeda, karena adanya pengaruh budaya atau kebiasaannya dan mereka berpikir dengan cara yang berbeda pula.

  4. Septiana Hendiyani
    201910415151

    Saya ingin bertanya bagaimana hubungannya antara teori sapir whorf dengan komunikasi massa?

    1. Teori bahasa dalam komunikasi umumnya menitikberatkan pada cara manusia berbahasa, bahasa dan kaitannya dengan proses berpikir, kata kata dan makna, karakterisik bahasa dan lain lain. Jadi yaa hubungannya karena bahasa itu sebagai bagian terpenting dalam proses komunikasi yang efektif.

    2. M Ferdiansyah
      201910415329
      Saya mau tanya. Apakah bahasa isyarat cukup efektif untuk digunakan dalam teori sapir whorf ?

      1. Kurang efektif, karena tidak semua orang paham dan mengerti dengan bahasa isyarat. Bahasa isyarat akan menyampaikan maksud atau tujuan atau pesan yang berbeda jika si penerima tidak memahaminya

    1. 1. Kata salju. Sebagaian besar manusia memiliki kata yang sama untuk menggambarkan salju. “Salju yang baru saja turun dari langit, salju yang sudah mengeras atau meleleh” semua objek salju tersebut tetap dinamakan salju. Berbeda dengan orang Eskimo, yang memberi label berbeda pada objek salju tersebut.

      2. Orang Hanunoo di Filiphina memiliki kira kira 92 nama untuk berbagai jenis padi. Sedangkan kebanyakan orang menyebut semua objek padi adalah hanya tanaman padi saja.

      3. Orang Arab memiliki beberapa nama untuk unta (camels). Berbeda dengan orang kebanyakan yang menyebut semua objek unta adalah hewan unta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.