KARIR POLITIK SANDIAGA UNO

201610415293_Monika Febriyani_Komunikasi Poltik

Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Sandiaga Uno merupakan sosok yang cerdas, hal ini terbukti ketika ia kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika, ia berhasil lulus dengan predikat Summa Cum Laude. Kecerdasan Sandiaga Uno sudah bisa kita ketahui melalui karir-karirnya yang semakin melesat, diantaranya karir bisnis usahanya. Pada tahun 1998, ia bersama Edwin Soeryadjaya kemudian mendirikan perusahaan Investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Berbekal jaringan (network) yang baik dengan perusahaan ataupun lembaga-lembaga keuangan yang ada didalam negeri maupun luar negeri, perusahaan yang didirikan oleh Sandiaga Uno kemudian akhirnya sukses.

Sandiaga Uno dikenal sebagai seorang pengusaha besar yang memiliki banyak perusahaan serta termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Namun ia juga memilih terjun ke dunia politik sama seperti beberapa pengusaha lainnya. Sebagai pendatang baru di dunia politik, Sandiaga Uno termasuk berhasil berkarir di dunia politik. Membenamkan masa mudanya di bisnis, hari-hari belakangan Sandiaga sibuk di arena politik. Duduk di kepengurusan Partai Gerindra, lalu bertarung dengan sejumlah kandidat merebut kursi Gubernur DKI pada Pilkada 2017. Politik disebutnya sebagai dunia baru, asing, tapi mulai diakrabi.

Sejak bergabung dengan Gerindra, Sandi sudah memprediksi akan ada benturan kepentingan yang sangat luar biasa antara posisi di politik dengan dunia usaha. Sandi mulai berpikir maju di DKI setelah bertemu Prabowo. Sandiaga Uno butuh waktu lama untuk benar-benar terjun ke dunia politik. Awalnya Sandiaga enggan menggeluti politik. Perkenalannya dengan Prabowo lah yang membuat dirinya putar haluan dari pengusaha ke politisi. Sandiaga Uno mengaku kenal dengan Prabowo Subianto saat sang mantan jenderal beralih ke dunia bisnis. Ketika itu Sandiaga Uno menjadi konsultan keuangan Prabowo Subianto, dan bertugas memberi saran dan masukan dari segi keuangan terhadap bisnis Prabowo Subianto. Tak hanya Prabowo, ia mengaku menerima banyak tawaran untuk bergabung dengan partai politik ketika menjadi pengusaha. 

kemudian baru di akhir tahun 2014 terjadi percakapan antara Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang mengubah jalan pikiran Sandiaga Uno selamanya.Ketika itu Prabowo Subianto mengajak Sandiaga Uno masuk ke politik dan bagi Sandiaga Uno hal itu cukup mengkhawatirkan. Karena Prabowo baru kalah di pilpres 2014. Sandiaga Uno merasa belum mau masuk politik karena dasarnya sebagai pebisnis.

Berikutnya tepat 6 Februari 2015 Sandiaga Uno masuk ke Partai Gerindra, dan mendapat tugas membangun kebijakan mengenai ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, dan juga UKM di Partai Gerindra. Beberapa bulan kemudian, di akhir 2015, Sandiaga Uno mendadak ditunjuk Prabowo Subianto menjadi calon kandidat bakal calon gubernur di DKI Jakarta. Gerindra mengusung Sandiaga Uno sebagai calon Wakil Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2017, mendampingi Anies Baswedan. Anies-Sandi memenangkan pemilihan dan memimpin DKI Jakarta periode 2017-2022 dengan diusung oleh dua partai politik Gerindra dan PKS. Di kepengurusan Gerindra, Sandi menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina. Kini setelah hampir 10 bulan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakata, Sandi di gandeng Prabowo Subianto sebagai cawapres untuk pilpres 2019. Namun dalam pemilu presiden dan wakil presiden, Prabowo dan Sandi tidak berhasil mendapatkan suara terbanyak di pemilu tersebut.

Setelah pemilu presiden berakhir, mantan bakal calon wakil pilpres 2019, mengisyaratkan kembali bergabung dengan partai gerindra. Melalui akun Instagramnya, Sandiaga mengunggah video dirinya mengenakan kaos berwarna hitam dengan tulisan Gerindra di bagian dada. Kemudian di bagian caption, Sandiaga menulis, “SAYA KEMBALI” dengan tambahan emoticon tersenyum. Juru bicara ketua umum partai gerindra Prabowo Sugianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, membenarkan bahwa Sandiaga secara resmi telah menyatakan kembali bergabung dengan partai gerindra. Diketahui, Sandiaga mundur dari keanggotaan partai berlambang burung garuda itu, karena mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo pada pilpres 2019. Sandiaga saat ini tengah sibuk dengan berbagai kegiatan sosiaal seperti menjalankan program dirumah siap kerja untuk memfasilitasi para pencari kerja. Tak hanya itu, saat ini kesibukannya lebih banyak tampil di masyarakat. Memberikan mentor, jadi advisor (penasihat), aktif di sociopreneur dan ia juga mempunyai youtobe chanel.

Related posts

Leave a Comment