Basuki Tjahaja Purnama “Ahok”

201810415013_Kevin Nathaniel_Komunikasi Poltik
Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. atau biasa dikenal dengan panggilan “Ahok” merupakan mantan wakil gubernur Jakarta periode 2012 – 2017 namun pada 2014 Ahok naik jabatan menjadi gubernur karena pasangannya Joko Widodo melepaskan jabatannya dan mengikuti pilpres 2014.

Ahok merupakan sosok yang sangat legendaris di mata publik, dimana ia dikenal dengan jargonnya yaitu “blusukan” ke tempat-tempat yang jarang tersentuh oleh pemerintah. Sosok Ahok juga di kenal sebagai sosok yang dekat dengan rakyat serta sosok yang suka marah-marah, siapa yang berani melawan Ahok ketika ia marah? jawabannya tidak ada.

Selain sebagai mantan wakil gubernur & gubernur Jakarta, ia juga dikenal sebagai pembisnis. Dikutip dari Matapolitik.com bisnis pertama milik Ahok adalah CV Panda. Fokus usaha ini adalah kontraktor Timah. Usaha in menjadi awalan dari ‘gurita bisnis’ Ahok yang dibuat pada 1989. Usaha ini, diinisiasi di Belitung, setelah Ahok menyelesaikan perkuliahannya di Universitas Trisakti, Jakarta.

Kemudian, Ahok melanjutkan kuliah S2 karena ingin CV Panda berkembang. Ia mendaftarkan diri pada jurusan Manajemen Keuangan di Prasetia Mulia. Setelah lulus dan bergelar MBA, ia sempat bekerja. Perusahaan yang ia masuki adalah PT. Simaxindo Primadayana, kontraktor pembangkit listrik. Di sana, ia menjabat staff analisis biaya dan keuangan projek. Namun, pada 1995, Ahok memutuskan kembali ke Belitung untuk mengembangkan CV Panda, dan mendirikan usaha-usaha lain di sana.

Selain itu, Ahok juga sosok yang sangat kontroversial karena ia telah dituduh sebagai Penista Agama kala itu dan membuat rakyat menjadi salah paham. Karnanya munculah peristiwa 212 yang biasa kita kenal sebagai peristiwa demo besar yang terjadi di Jakarta kala itu.

Namun sekarang Ahok telah menjadi komisaris utama di PT. Pertamina, selain menjabat sebagai komisaris utama ia juga di tunjuk sebagai komisaris indepensen Pertamina.

Related posts

Leave a Comment