0 thoughts on “Analisis dan Fragmentasi Majalah

    1. terimakasih pertanyaan nya.
      menurut saya majalah kampus itu tentu saja berisi promosi dan informasi tentang kampus tersebut.
      terimakasih

      steven sutanto 2018-04-0000-8

  1. Saya ingin bertanya kenapa majalah memiliki usia edar yang paling panjang dibanding media lain? Terima kasih

    1. Majalah yg di terbitkan dan di tulis oleh kampus tersebut yg berisikan informasi dan berita tentang kampus tersebut

  2. Saat ini majalah sangat dibutuh kan tidak di era jaman sekarang ? Karna kan yg kita tau kita sekarang semua berita lewat media online

    Dwiyana Christiani – 20180400021

    1. saya akan menjawab pertanyaan christiani, memang betul pada era saat ini majalah sudah tidak begitu dibutuhkan, karna segala sesuatu bisa kita temui dan kita jumpai di media online atau internet, akan tetapi walau gimanapun keadaan nya, majalah harus tetap di cetak dan disebarluaskan di tanah air untuk tidak menghilangkan karya cipta dan pembelajaran pemula bagi yang belum mengenal nya

  3. Majalah abstrak dan daftar indeks diberi nama sesuai dengan judul artikel atau karangan ilmiah yang abstrak atau indeksnya terdapat dalam majalah atau daftar tersebut.

  4. Menurut kalian mengapa majalah sampe sekarang masih bisa menjadi salah satu, sarana pemberi informasi yang efektif, padahal sekarang mungkin minat membaca orang pada era sekarang sudah mulai berkurang, dan bagaimana caranya supaya majalah yang beredar dapat tetap bertahan di pasaran karena banyak juga penjualan koran dan majalah yang sudah mulai menurun, terimakasih

      1. Karena majalah sendiri memiliki fragmentasi yang menentukan segmen pembaca sesuai kebutuhan mereka. Bisa sesuai umur, jenis kelamin, profesi, minat hobby. Contoh majalah Saji yang berisi informasi seputar kuliner dan resep masakan membidik pembaca wanita yang bekerja sebagai chef / ibu rumah tangga.
        Saya rasa majalah masih memiliki pembaca setianya yang tidak biasa membaca informasi digital dominan pembaca yang berumur lansia, jadi majalah masih dapat bertahan di pasaran.
        Terimakasih – Fransiska Setiani

    1. Oke jawabannya sederhana krn semua sesuai segmen, mmg secara keseluruhan media lebih unggul, tetapi majalah masih banyak keunggulan lainnya. Salah satunya kita bisa lihat berkali-kali tanpa harus mendownloadnya. Jika video atau majalah online, kita harus liat lagi saat mau dilihat. Mungkin bisa download, tapi jika HP atau gadget kita baterai habis. Kita tidak bisa lihat. Secara pribadi, saya masih nyaman membaca buku atau majalah secara fisik dibanding online, kecuali berita/artikel. Lalu justru karena kompetitor fokus ke online, persaingan pun berkurang. Lalu cara agar tetap eksis tentunya cover dan isi serta judul harus menarik sesuai segmen, disinilaj strategi promosi harus digunakan.

      Rully Rusdianto – 20180400058

  5. Salah satu jenis majalah adalah majalah abstrak, apa yang anda ketahui tentang majalah tersebut? Lantas apa yang menyebabkan adanya kesulitan dalam mempergunakan majalah tsb? Terima kasih

    Liviani Theresia – 20180400054

    1. terimakasih untuk pertanyaan nya cide
      steven akan menjawab
      menurut saya, majalah abstrak merupakan majalah yang hanya terpapar sumber atau link dari suatu informasi yang hanya bisa kita lihat di media online

    2. Kesulitan dikarenakan :
      – Singkatan nama majalah yang tidak seragam
      – Cara pengutipan (citation) atau penunjukkan tempat artikel atau karangan ilmiah dalam majalah yang dimaksud kurang jelas

  6. Lebih efektif mana majalah kertas dibanding majalah digital? Adakah pengaruh tersendiri untuk pembacanya?

    Fitri Rianingsih – 20180400034

    1. sebetulnya lebih efektif majalah digital. karna kalo majalah digital dapat kita jumpai informasi informasi lain nya juga.

      Steven Sutanto 2018-04-0000-8

    2. Efektif dalam segi apa dulu ? Ini kembali kepada usernya, saya sendiri nyaman membaca secara cetak. Kenapa..? Karena tidak ada sinar/cahaya HP yang bikin pusing jika terlalu lama. Lalu dengan membaca secara cetak, saya bisa lebih fokus dan durasi lama. Dibanding via digital jika sedang baca lalu masuk notif chat dll, itu terganggu dan saat koneksi low atau baterai low, itu terganggu juga. Untuk pengaruh tentunya ada..? Mata..? Kesehatan mata akan lebih menurun jika sering baca via digital.

      Rully Rusdianto – 20180400058

  7. Saya mau nanya ,
    Apakah membaca majalah membaca majalah lebih efektif dalam kita mendapatkan informasi dibandingan dengan koran? Mengapa?
    Terima kasih…
    Yohandra Thitacitto – 20180400025

    1. Fransiska :
      Tentu lebih efektif karena informasi yang diberikan majalah lebih spesifik, misal seorang pembaca menginginkan informasi mengenai fashion bisa mencari majalah apa yang memuat informasi yg diinginkan di mesin pencari / tanya org lain.
      Dibandingkan dengan koran, informasi yg dimuat lebih luas dengan berbagai topik sehingga pembaca jika ingin mencari informasi khusus mengenai 1 hal lebih baik membaca majalah, terima kasih

  8. Mau nanya nih, di era sekarang ini yang di mana teknologi sedang berkembang pesat, bagaimana peran majalah dalam era ini, apakah sama saja perbandingannya ?

    Yosea Armando 20180400056

    1. terimakasih yosea atas pertanyaan nya.
      saya akan menjawab pertanyaan nya.
      soal perbandingan pasti memiliki perubahan yang cukup signifikan karena kemajuan teknologi yang cukup fast, apalagi saat ini Indonesia menerapkan teknologi 4.0 yang pastinya akan lebih mengandalkan informasi berbasis internet atau media elektronik. namunnn, pada dasarnya jika seseorang telah suka membaca majalah pasti akan lebih memilih informasi dalam bentuk media massa atau majalah.

      Steven Sutanto
      2018-04-0000-8

  9. saya mau tanya ka, apakah majalah yang penyajian , nilai aktualitas dan visual nya kurang begitu menarik gimana ka? apakah tetap di terbitkan atau tidak? Terimakasih.

    NAMA: Dimas zaenal r
    NPM : 201610415116

Leave a Reply

Your email address will not be published.