Kelebihan dan Kekurangan Robot Pengganti Manusia

Nama : vinella vernanda
NIM : 20160400002

Manusia saat ini mulai menciptakan berbagai hal yang berbasis mesin atau yang sudah tidak alami lagi. Yang paling esktrem adalah penciptaan organ-organ palsu buatan mesin sebut saja mata, kaki palsu, yang disebut robot.

Robot, yang terlintas di otak kita ketika mendengar robot adalah alat mekanik yang menggunakan program yang telah di definisikan terlebih dahulu (kecerdasan buatan) dan bentuk fisik yang sekarang menyerupai manusia. Dahulu robot hanya dikenal untuk mainan bagi para anak kecil. Tapi sekarang hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot. Di karenakan robot mulai digunakan untuk membantu memberes-bereskan rumah, pekerjaan, dan sebagainya.

Namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah pengganti manusia dan menyerahkan segala tugasnya kepada robot. Karena robot diciptakan oleh manusia untuk bisa membantu manusia yang tidak bisa manusia lakukan. Maka dari itu sebagian manusia selalu mengandalkan robot.

Robot juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu kita tidak seharusnya terlalu mengandalkan robot sebagai pengganti atau menggantikan pekerjaan manusia meskipun sangat membantu kegiatan manusia.

Kelebihan :
1. Kestabilan dan peningkatan kualitas produk.
2. Variasi hasil produksi berkurang.
3. Jam kerja mendekati 24 jam/hari.
4. Dikurangi waktu pergantian pekerja.
5. Mengatasi masalah kurangnya tenaga terampil.
6. Tidak bekerja secara monoton.
7. Penghematan sumber daya.
8. Penghematan material dan suku cadang.
9. Tidak perlu pendingin, pemanas, dan penerangan ruangan.

Kekurangan :
Ada sisi-sisi pekerjaan yang memang tidak bisa di gantikan oleh robot. Contoh inspeksi, pengukuran, meski dilakukan secara sensor dan digital tetap saja keliru namanya juga robot ciptaan manusia tentunya kalah sempurna dengan manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
1. Membutuhkan biaya awal yang sangat besar.
2. Berkurangnya lapangan pekerjaan, sehingga terjadi pengangguran.
3. Tenaga manusia sudah tidak perlukan lagi, karena sudah digantikan dengan robot.
4. Menumbuhkan sifat malas terhadap manusia, karena semua sudah ditangani oleh robot.

anakilkom2016

11 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan Robot Pengganti Manusia

  1. Pingback: convertidor de mp3
  2. Just a smiling visitor here to share the love (:, btw outstanding pattern. “Individuals may form communities, but it is institutions alone that can create a nation.” by Benjamin Disraeli.

  3. Pingback: Vidalista 60mg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *