Siap Menghadapi Era Robotic

Natasya Mayang Sari | 20160400001
Optimisme manusia akan hasil kerja yang lebih baik terus berkembang dari tahun ke tahun. Untuk mencapai hasil kerja yang baik tersebut manusia terus menggali daya kreativitas terbaiknya dalam mengembangkan teknologi dengan tujuan mempermudah hidupnya. Salah satu teknologi yang terus menerus dikembangkan adalah teknologi robot atau biasa dikenal dengan istilah robotika.

Hal-hal yang harus dilakukan untuk menghadapi era robotic adalah :
1. Bersikap kritis
Sikap positif menghadapi pengaruh robotik. Perbahan teknologi yang semakin maju membuat perubahan yang besar dalam sosial dan budaya, hal ini harus kita terima dengan sikap terbuka, maksudnya adalah segala pengaruh yang ada, baik pengalaman penemuan baru dapat kita amati terlebih dahulu, kemudian dapat kita seleksi.

2. Antisipatif
Berarti tanggap dan peka terhadap perkembangan robot kedepannya.

3. Selektif
Kita mengetahui, bahwa setiap perubahan memiliki pengaruh yang baik dan buruk, disini kita dapat memilih pengaruh perubahan makna yang dapat memberikan mamfaat yang diambil, sedangkan pengaruh yang tidak baik dapat kita buang jauh-jauh.

4. Tidak Meninggalkan Kebudayaan Asli
Jangan pernah meninggalkan kebudayaan kita, karena budaya sendiri telah berjalan selama berabad-abad. Yang harus kita lakukan adalah melestarikan dan menjaganya supaya dapat dinikmati oleh anak dan cucu nanti.

Jangan lakukan beberapa hal ini dalam menghadapi era robotic !
1.Tertutup
Teknologi yang semakin maju tidak semuanya berdampak negatif bagi manusia, oleh karena itu jangan sekali-kali menutup diri, karna hal itu akan merugikan diri kita sendiri.

2. Acuh
Sikap seperti ini sangat berdampak buruk kepada diri sendiri, karena jika acuh, pengetahuan kita akan perkembangan robotik tidak akan bertambah.

3. Tidak selektif
sikap yang menerima semua informasi tanpa dipilah terlebih dahulu justru dapat berdampak buruk bagi diri sendiri.

Perkembangan teknologi robotik dapat berjalan dengan baik jika kita juga cerdas dalam menghadapi persoalan tersebut, untuk itu kita harus selalu waspada terhadap perkembangannya.

anakilkom2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *