Semoga Robot bukanlah sebagai pengganti manusia

Nama : Shannycius Iskandar
Nim : 20160400003

Manusia adalah mahluk yang tak sempurna yakni memiliki batas kemampuan, kekurangan maupun kelebihan pada setiap masing masing individu. Oleh sebab itu manusia menciptakan sebuah Robot untuk dapat menyempurnakan kemampuan.

Dengan menciptakan sebuah Robot manuasia dapat mempermudah sebuah pekerjaan dalam bekerja. Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik bertenaga besar, baik dalam kendali ataupun tidak, Robot ini dijalankan dengan serangkaian program “kecerdasan buatan” (artificial intelligence) sangat canggih dan juga kuat. Di era zaman sekarang ini dengan menciptakan Robot Ia dapat menjalankan kewajiban kehidupan manusia bergerak dengan sangat cepat dan terprogram.

Kesempurnaan sosok Robot.

Robot merupakan benda mati yang dijalankan dengan komputer. Mesin yang telah dipasang di robot itu merupakan mekanik yang telah dipasang otomatis kapan Robot mulai bekerja untuk membantu pekerjaan menjadi lebih efisien tanpa bersusah payah. Sistimatis dan mudah, serta produksinya makin banyak dibandingkan dikerjakan oleh manusia.

Robot dipakai sebagai tenaga operasional untuk membantu menggantikan pelayan . Dengan adanya robot ini, manajer dapat dengan mudah menekan harga secara significant dibandingkan pesaingnya karena tak perlu banyak orang dipekerjakan, yang biasa mahal dan perlu banyak fasilitas.
Perkembangan di atas tentunya sangat mengkhawatirkan bagi manusia. Di satu sisi robot menjadi pembantu manusia yang sangat efisien dan tidak perlu banyak mengeluarkan dana besar, namun di sisi lain, robot menjadi penyebab pengangguran. Penemuan Robot ini sangat perlu mempertimbangkan lebih lanjut apakah sebaiknya penempatan dan pembuatan robot dibatasi hanya untuk kepentingan dunia medis dalam sekala terbatas saja.

Apabila tanpa batas, yang terjadi adalah perebutan ajang pekerjaan yang sebenarnya diciptakan oleh manusia tapi dihilangkan oleh pekerjaan manusia juga. Lain halnya jika pekerjaan Robot itu mampu meningkatkan produktvitas tapi sumber daya manusia tetap digunakan. Penilaiannya adalah jika pekerjaan yang ringan mampu dikerjakan Robot, artinya kualitas pekerjaan manusia yang digantikan Robot itu harus ditingkatkan. Manusia harus belajar lebih banyak, ketika kualitas naik, maka gaji manusia itu pun akan meningkat. Dengan meningkatnya gaji, konsumsi akan lebih besar.

Perspektif tentang Robot apakah akan menggantikan manusia dan menimbulkan penggangguran, ternyata tergantung dari paradigma yang dibangun oleh manusia sendiri. Apabila manusia mampu mengelola penggunaan robot untuk dua kepentingan sekaligus, hal itu akan benar-benar kita rasakan manfaatnya.Semoga Robot bukanlah sebagai pengganti manusia, tetapi sebagai pembantu dan penolong manusia.

anakilkom2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *