Menghadapi Tantangan Robotic Di Masa Depan

Perkembangan yang ada pada saat ini menunjukkan bahwa teknologi robotic akan menggantikan posisi manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa batas waktu. Itu artinya, peran manusia akan mulai tergeser oleh robot. Bila hal ini terus berkembang maka akan memunculkan kekawatiran bagi manusia.
Pada dasarnya robot diciptakan manusia untuk mempermudah pekerjaan manusia, namun sebagai manusia kita tidak boleh hanya mengandalkan teknologi dari robot tersebut, karena akan menimbulkan efek negatif yang membuat manusia menjadi malas dan hanya ingin mendapatkan hasil pekerjaan dengan instan. Dan bila robot terus diciptakan maka orang – orang yang ingin bekerja akan sulit mendapatkan pekerjaan dan akan memperbanyak pengangguran.
Namun sebagai manusia kita harus lebih pintar mengimbangi kecepatan robot dalam bekerja. Kita tidak bisa lagi menggunakan sistem pendidikan yang cuma mendorong kemampuan untuk menghapal saja. Kita harus mempersiapkan generasi – generasi mendatang dengan sistem pendidikan yang berbasis teknologi sekaligus memicu kreativitas dan imajinatif.
Initinya, dibutuhkan perbaikan ketrampilan yang membuat manusia lebih unggul dibanding dengan robot. Jadi sebagai manusia kita hanya perlu banyak belajar dan dapat menyelesaikan setiap masalah dengan mudah yaitu dengan cara bekerja keras dan tidak mudah menyerah.

Yesika Wisnu Dwi Andani / 20160400020

anakilkom2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *