BAGAIMANA CARA MENGALAHKAN ROBOT

Nama : Kristover Setawan
NIM : 20160400012

BAGAIMANA CARA MENGALAHKAN ROBOT

Hakekatnya manusia akan terus mengalami perkembangan dalam segala segi bidang, terutama dalam konteks mengembangkan sebuah ide kreatif baru yang berkaitan dengan teknologi. Perkembangan teknologi dan manusia hampir dapat dikatakan selalu berdampingan, karena manusia selalu membutuhkan teknologi begitu juga sebaliknya. Teknologi tidak akan ada jika tidak ada manusia. Namun seiring waktu, kecerdasaan buatan ini mulai mampu menyaingi manusia sebagai “pencipta”.
Dalam konteks ini, ciptaan manusia (robot) masih terbilang jauh sempurna dari manusia, mengapa? Karena sebagai “Pencipta” kita (manusia) mampu berpikir secara rasional dan kritis, kita dapat mengatur bahkan menentukan sejauh mana “ciptaan” kita telah berkembang. Perlu adanya Batasan-batasan yang kita terapkan dalam “ciptaan” kita sebagai bentuk antisipasi di masa depan nantinya dan tentu hal ini akan sangat mempermudah kita dalam mengelola dan mengendalikan kecerdasaan buatan ini dengan baik.
Kita dapat mengalahkan Robot, karena Robot tidak mempunyai kemampuan berpikir alami seperti kita, kalaupun ada hal itu dikarenakan ia telah ditanam peralatan yang membuatnya dapat meniru kemampuan manusia dalam berpikir. Tapi faktanya seberapa banyak kemampuan yang ditanam, Robot tidak mungkin akan dapat berpikir secara luas jika kita (Pencipta) tidak melakukan perubahan atau perkembangan istilah lain “meng-upgrade” mereka. Cukup tidak melakukan pembaharuan, mereka pun juga akan tertinggal oleh pertumbuhan kita. Sebaiknya pembaharuan mereka dilakukan sesuai dengan kebutuhan manusia dan sebisa mungkin tidak melampaui daya pikir manusia.

anakilkom2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *